Banyak analisa….bisnis tidak jalan!!

Mendengar kata “Bisnis” pastilah kita sudah tidak asing lagi. Apakah Bisnis itu?? Dalam pengertian ekonominya kira-kira begini: bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti “sibuk” dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.

Ahh…kepanjangan…intinya…bisnis adalah….mau cari untung. ..gitu ajah kok repot.

Fenomena yang terjadi dan sering bahkan banyak terjadi adalah…ketika kita ingin berbisnis kita akan melakukan analisa segala macam tetek bengek….sampai-sampai kita tidak melihat sisi lain dari bisnis yang akan kita bangun.

Menurut hasil Riset… [udah kayak orang pinter ajah nih gua…] sebelum melakukan/mengerjakan bisnis…maka kita perlu membuat rencana bisnis atau kata orang kerenya “bisnis plan” sebagai patoka untuk memulai bisnis. Disana bakal banyak hitung2an omzet, biaya, profit, kelemahan, kekuatan dan lain lain. Pokoknya hitung2an di atas kertas ini bisnis feasible apa tidak, Begitulah kira-kira bahasa kerenya…..

Biasanya dari hitung2an kertas inilah kita akan menganalisa bisnisnya sebelum mengambil keputusan GO or NO GO [kayak deal or no deal ajaaah…hahahaha].

Tapi parahnya…. bisnis plan yang agan buat itu dijadikan satu-satunya dasar pengambilan keputusan dalam menentukan GO or NO GO bisnis tersebut. Seakan-akan semua parameter bisnis sudah terpetakan dengan sempurna disana.

Jadi kebanyakan nih yaaa.., bisnis plan sudah cakeeeeep, mantaeeeBB , analisa udah daleeeem, bisnis belum jalan namun karena bisnis plan yang cakeeeeeepppp itu bilang bisnis ini gak menguntungkan eeh..eh…eh.. dalam sekejap kita putuskan bisnis ini NO GO karena tidak feasible secara bisnis plan .

Padahal kita belum memulai sama sekali di bisnis itu [alias belum bergerak], belum kemana-mana [kemanaaaaaa,….kemanaaaaa…kemanaaaaa…..ting..ting] kita masih duduk-duduk doang di atas meja dan banyak MENGANALISA bisnis plan persis kayak judul artikel ini.

Padahal  kalo kita tanya sama temen-temen kita atau bahkan pebisnis-pebisnis yang sukses, sekian kali di buat bisnis plan sekian kali pula realitas [kenyataan] di lapangan tidak sesuai 100% dengan bisnis plan yang dibuat. wakakaka….

Jadi…kita harus gimana?? tidak perlu buat bisnis Plan??

Bisnis plan perlu kita buat, tapi jangan jadi referensi 100% dalam keputusan GO or NO GO bisnis kita tersebut. Masih banyak hal lain yang perlu dipertimbangkan, misalnya intuisi bisnis kita, network kita [jaringan looh bosss..], passion, pengetahuan tentang pasar lokal [kan di sini beda dengan daerah kalian semua], budaya setempat [ini juga perlu bro..sist…], kebiasaan masyarakat setempat dan lain-lain yang biasanya tidak tercover di bisnis plan kita. Satu hal yang paling penting gan ACTION….

Jadi…kembali lagi kepada topikk…….jangan KEBANYAKAN ANALISA,…..ntar bisnis nya gak jalan dan gak berhasil

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s